Launching Elearning STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan


Terakhir diperbarui oleh :
Administrator,

Senin 2012-01-19 13:26:00


Akhirnya pada bulan Januari 2012 Elearning STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan sudah berhasil diselesaikan, dimana dalam proses pengerjaan elearning ini membutuhkan waktu hampir 3 bulan.

E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

E-learning dalam arti luas bisa mencakup pembelajaran yang dilakukan di media elektronik (internet) baik secara formal maupun informal. E-learning secara formal misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak-pihak terkait (pengelola e-learning dan pembelajar sendiri). Di Amerika serikat sistem pembelajaran eLearning ini tidak hanya digunakan pada Universitas tetapi sudah mulai diterapkan pada tingkat K-12 (SMP – SMA). Di Indonesia saat ini hanya diterapkan pada sistem pendidikan tingkat Universitas.

Berikut ini adalah contoh elearning di perguruan tinggi ternama di Indonesia :

  1. http://kulon.undip.ac.id/ (UNDIP)
  2. http://scele.cs.ui.ac.id/ (Universitas Indonesia)
  3. http://elisa.ugm.ac.id/ (UGM)
  4. http://elearning.unpad.ac.id  (UNPAD)
  5. http://ilmo.unnes.ac.id (Unnes)

Elearning STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan akan diberi nama "Elsima" yang merupakan kepanjangan dari Elearning System Stikes Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Elsima ini ditujukan untuk membantu civitas akademik menyelenggarakan pembelajaran melalui internet. didalam elsima ini mahasiswa dapat mengakses materi-materi perkuliahan yang diberikan oleh dosen, mengunduh materi kuliah, mengunggah tugas, berdiskusi maupun  mengerjakan kuis. Dengan adanya fasilitas Elsima ini diharapkan mampu membantu dalam proses pembelajaran guna meningkatkan prestasi akademik mahasiswa tanpa menggangu proses perkuliahan yang sudah ada.elsima dapat diakses melalui

http://elsima.stikesmuh-pkj.ac.id

diharapkan bagi mahasiswa mampu memberikan saran yang membangun dengan mengisikan saran dan kritik di website simasmu. elsima dapat mulai digunakan pada awal semester genap. 



UAS KEPERAWATAN PRIMA B-I DAN A-VII


Terakhir diperbarui oleh :
,

Senin 2012-01-14 18:38:00


SOAL KEPERAWATAN PRIMA

1.    Jawablah soal sesuai dengan perintah.

2.    Ketik jawaban anda dengan ketentuan sebagai berikut:

a.      Diketik dengan kertas A 4.

b.      Font “Times New Roman”, size 12.

c.       Pakai page number

d.      Margin T 3 cm, L 3 cm, B 2.5 cm, R 2.5 cm.

e.      Sampul berwarna hijau. 

3.    Jawaban dikumpulkan:

a.      Untuk program B semester I pada hari Rabu, 18 Januari 2012 maksimal pukul 14.00 WIB.

b.      Untuk program A semester VII pada hari Sabtu, 28 Januari 2012 maksimal pukul 12.00 WIB.

c.    Junjung sportifitas dan kejujuran.  Jika ada jawaban yang sama, maka otomatis keduanya akan mendapatkan nilai E.

 

PROGRAM B SEMESTER I

Lakukan analisa pelayanan keperawatan prima pada instansi anda bekerja (puskesmas, rumah sakit, ruangan, klinik).  Dengan ketentuan, tidak melakukan analisa pada satu ruangan yang sama.

 

PROGRAM A SEMESTER VII

1.    Bentuk kelompok menjadi 6, dengan masing-masing beranggotakan 5 mahasiswa.

2.    Tugas untuk masing-masing kelompok adalah sebagai berikut:

a.      Kelompok I  à Lakukan analisa kepuasan pelanggan (mahasiswa) semester I.

b.      Kelompok II  à Lakukan analisa kepuasan pelanggan (mahasiswa) semester III.

c.       Kelompok III  à Lakukan analisa kepuasan pelanggan (mahasiswa) semester V.

d.      Kelompok II  à Lakukan analisa kepuasan pelanggan (mahasiswa) semester VII.

e.      Kelompok V  à Lakukan analisa kepuasan pelanggan (mahasiswa) program profesi.

f.        Kelompok VI  à Lakukan analisa pelayanan prima di STIKES Muhammadiyah Pekajangan.



Muslimah Gaul ala Sang Jawara


Terakhir diperbarui oleh :
Elisa Susiyanti,

Senin 2012-01-13 20:14:00


Sudah menjadi hal wajib bagi seorang muslim untuk menutup aurat. Sayangnya masih banyak orang berpandangan terutama kaum hawa, bahwa menutup aurat dengan memakai jilbab akan menjadikan mereka kuper, nggak gaul, dan nggak modis.

Padahal orang yang berpandangan sempit seperti itulah yang justru sangat sangat sangat tidak gaul bin kuper abis. Nggak percaya? Kenalan yuk sama Muslimah gaul jawara Duta Muslimah Radar Pekalongan Tahun 2012.

 Gadis bernama lengkap Ervina Febriani ini memiliki segudang perstasi. Dia pernah mendapat Juara I tilawah SD/MI se-Kab Pekalongan, Terbaik I Tilawah SMP/MTS se-Kab Pekalongan, Terbaik I Tilawah tingkat SD Pelajar Muhammadiyah se-Kab Pekalongan, Terbaik I Lomba Macapat se-Karisidenan Pekalongan, Terbaik I KSIP dan Torseni PD Ikatan Pelajar Muhammadiyah selama empat kali berturut-turut yaitu pada tahun 2004, 2006, 2008 dan 2010, Juara I lomba catur SMP/MTS se-Kecamatan Buaran, Juara II Tilawah SMA/MA se-Kab Pekalongan dan Juara I Pemilihan Duta Muslimah Radar (PDMR) Pekalongan 2012.

Gadis yang kini kuliah di program studi DIII Keperawatan STIKES Muhammadiyah Pekajangan ini juga aktif di kegiatan organisasi. Saat ini Ervina aktif di IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) Wuled dan HIMDEKA (Himpunan Mahasiswa DIII Keperawatan-STIKES Muhammadiyah Pekajangan).

Saat ditanya apa yang memotivasinya mengikuti kegiatan Duta Muslimah Radar, putri ke 2 dari 3 bersaudara Bapak Khaerudin dan Ibu Nuriyah ini mengatakan bahwa ia ingin menambah pengalaman, menambah percaya diri dan membuka diri dengan hal-hal baru.

Dara kelahiran Pekalongan, 27 Februari 1993 ini juga mengatakan bahwa ia mengikuti kegiatan ini atas dukungan orang tua dan teman-tamannya. Menurutnya, orang tuanya selalu mendukung apa pun kegiatan yang Ervina ikuti, selama kegiatan tersebut positif dan bermanfaat. “ Saya berharap keluarga, teman dan orang-oarang terdekat saya menganggap saya seperti biasa. Saya sangat bersyukur kepada Allah Swt, senang, gembira dan selalu mengingat atas tanggung jawab saya sebagi seorang Duta Muslimah.” kata Ervina saat ditanya bagaimana perasaannya setelah menjadi seorang Duta Muslimah Radar.

Gadis yang memiliki Hobi seni baca Al-Quran dan menyanyi ini juga mengungkapkan bahwa kegiatan-kegiatan seperti Duta Muslimah Radar ini sangat bermanfaat baginya. “Kegiatan ini dapat meningkatkan rasa percaya diri saya menjadi Duta Radar Muslimah yang acuannya lebih ke syiar. Kita dapat menulis pengalaman, kegiatan sehari-hari dalam bentuk artikel yang akan diterbitkan di Koran Radar dan lebih condong ke peran saya sebagai seorang muslimah.”

“Tetapi saya tetap memprioritaskan kuliah saya. Karena sebagai Duta Muslimah Radar Pekalongan saya lebih kearah sosialisasi dengan dunia luar. Dalam kontrak saya juga harus bisa membagi antara peran saya sebagai mahasiswa dan peran sebagai Duta Muslimah Radar. Dan dengan kegiatan ini, kita dapat mensosialisasikan kelebihan kita sebagai muslimah. Bahwa berjilbab bukan berarti kuper. Dengan terus berinovasi, kita akan menjadi muslimah yang lebih maju!” tambahnya.

sumber http://zasshi.stikesmuh-pkj.ac.id



        Copyright © 2015 STIKES Muhammadiyah Pekajangan. All Rights Reserved.